Tentang Maturmu.ID

MaturMu.ID – Pemuda bisa diidentikan dengan banyak hal, misalnya belajar dan dedikasi. Sebagai pembelajar, pemuda harus peka terhadap ruang-ruang belajar yang terbuka lebar. Pun sebagai seseorang yang ditunggu dedikasinya, pemuda harus mencari ruang untuk menyalurkan kebermanfaatan. Akan kurang maksimal kiranya  apabila gagasan dan kreatifitasnya hanya menjadi konsumsi pribadi.

Sesuai perkembangan zaman tentu dibutuhkan wadah yang dapat memberikan ruang belajar sekaligus ruang untuk menyampaikan banyak hal dalam banyak bentuk.


Melalui MaturMu.id, pemuda dapat sekaligus menggali pengetahuan dan berkontribusi dalam ruang yang lebih luas, terstruktur, dan terintegrasi.

Matur merupakan istilah bahasa Jawa yang memiliki arti Ungkapan atau Bicara. Artinya, semua yang ada dalam fikiran kita bisa disalurkan di sini.

Mu adalah kependekan dari kata muda dan atau kamu. Jadi, sasaran dari website ini adalah generasi muda.

Wadah yaitu tempat untuk menaruh, menyimpan sesuatu dan atau tempat untuk berhimpun. Yang bermaksud MaturMu.ID ini adalah perhimpunan pemuda untuk menyalurkan kreatifitas dan pemikirannya.

Kreatifitas berarti memiliki daya cipta, memiliki kemampuan untuk menciptakan. Bertujuan menunjang keahlian pemuda.

Pemikiran memiliki arti akal budi, ingatan, angan – angan, kata dalam hati, pertimbangan atau pendapat.

Esai – Tulisan menarik tentang apa saja, bisa mengenai peristiwa atau isu yang sedang diperbincangkan maupun hal lain yang dianggap perlu untuk dituliskan. Bisa tema sosial, agama, politik, seni, dll. Panjang tulisan 700 – 1500 kata.

Anekdot – Adalah sebuah cerita singkat dan lucu atau menarik, yang mungkin menggambarkan kejadian atau orang sebenarnya. Anekdot bisa saja sesingkat pengaturan dan provokasi dari sebuah kelakar. Anekdot selalu disajikan berdasarkan pada kejadian nyata melibatkan orang-orang yang sebenarnya, apakah terkenal atau tidak, biasanya di suatu tempat yang dapat diidentifikasi. Panjang tulisan 700 – 1500 kata.

Feature – Adalah tulisan hasil reportase (peliputan) mengenai suatu objek atau peristiwa yang bersifat memberikan informasi, mendidik, menghibur, meyakinkan, serta menggugah simpati atau empati pembaca. Panjang tulisan minimal 750 kata.

Citizen Journalist – Adalah kegiatan partisipasi aktif yang dilakukan oleh masyarakat dalam kegiatan pengumpulan, pelaporan, analisis serta penyampaian informasi dan berita. Panjang tulisan minimal 500 kata.

Puisi – Merupakan karya sastra seseorang dalam menyampaikan pesan melalui diksi dan pola tertulis. Tema bebas.

Cerpen – Kisah pendek yang sifatnya fiktif. Panjang tulisan 700 – 2000 kata.


Untuk kerjasama seperti periklanan, jasa design dan lain lain silakan hubungi kontak dibawah ini.

Sofyan Adi Nugroho
085155488121
Founder / Direktur Maturmu.ID
Batang, Jawa Tengah 51262
admin@maturmu.id

Back to top button