Citizen JournalistMatur Berita

Menyebar Virus Literasi Lewat Komunitas Kaca Tegal

Kawan Baca (Kaca) adalah sebuah komunitas yang berada di Kota Tegal. Komunitas ini bergerak dibidang sosial kemasyarakatan sebagai upaya dalam menumbuhkan kepekaan atau kepedulian masyarakat akan pentingnya LITERASI serta dijadikan kawan untuk mengembangkan diri, mengaktualisasikan pikiran serta menjadi pelopor perubahan dalam masyarakat.

Ide ini bermula dari sosok Arief Kriswanto, Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Semarang (UNIMUS) juga Aktivis IMM di Semarang asal Tegal. 

Dirinya yang merupakan Ketua dari Komunitas Kaca mengatakan komunitas ini berawal dari sebuah kegelisahan melihat kondisi melemahnya literasi masyarakat di Tegal itu sendiri. Meskipun sudah banyak komunitas literasi di sana namun kebanyakan masih dalam lingkup kecil, dalam artian masih dalam lingkup desa. Maka dari itu saya bersama teman-teman menginisiasi terbentuknya komunitas ini untuk masyarakat daerah Tegal.

Ia juga mengungkapkan bahwa komunitas ini masih dibilang muda karena baru berjalan sekitar 4 bulanan.  Namun sudah memiliki beberapa program.

“Komunitas ini telah berjalan sekitar empat bulan, untuk program kerja diantaranya ada Ngaos Corner, FLP (Forum Lingkar Penulis) yaitu forum yang mengimpun atau akan di isi oleh orang orang yang gemar menulis untuk nantinya bisa membuat project seperti pembuatan antologi maupun menerbitkan buku, kemudian ada pojok baca yakni semacam lapak buku di tempat umum dengan harapan bisa mengajak masyarakat untuk membaca, serta untuk anak-anak jalanan yang tak mampu bersekolah bisa kita beri bimbingan belajar, dan yang terakhir ada sedekah buku sebagai inventaris”. Ujarnya

Hingga saat ini sudah tergabung sekitar 120 an orang yang terdiri dari mahasiswa dan beberapa ada yang masih pelajar SMA/SMK.

Bagi siapapun yang berminat bergabung caranya mudah. 

“Karena komunitas ini masih baru atau awal perintisan jadi bagi yang ingin bergabung tinggal menghubungi ke nomor 085325250917 (Arief) atau instagram @kaca_tegal nanti secara otomatis akan langsung di masukan grup karena untuk sistemnya masih relawan”. Tuturnya


Muhammad Sayyidin Jaya Negara

5 3 votes
Article Rating

Redaksi MaturMu.ID

Portal web yang mewadahi kreatifitas dan pemikiran anak muda. Konten yang dimuat dalam portal ini bertujuan untuk menambah wawasan penulis maupun pembaca.

Related Articles

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button